Kunci Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Kunci Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses

Sebuah STRATEGI PEMASARAN yang sukses dinilai dari seberapa efektif yang dapat digunakan. Banyak orang tahu bahwa strategi pemasaran yang sukses menempatkan banyak faktor yang berbeda ke dalam pertimbangan dan menggunakan faktor-faktor ini secara kolektif.

Namun demikian, berikut adalah lima kunci utama untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses. Faktor ini sering disebut dengan SWOT. Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah : “Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Setiap pengusaha sukses akan memberitahu Anda bahwa kelima faktor tersebut selalu memainkan peran penting dalam pengembangan strategi pemasaran yang sukses:

1) Kekuatan - Sebuah strategi pemasaran yang sukses selalu mempertimbangkan berbagai kekuatan yang dimilikinya dengan demikian bahwa sebuah perusahaan memiliki kekuatan yang berbeda satu sama lain. Kekuatan ini harus hadir dalam perusahaan dan perusahaan harus dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini jelas bahwa setiap perusahaan memiliki kekuatan yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan dalam persaingan. Kekuatan ini bisa berkisar dari memiliki lebih banyak sumber daya untuk memiliki lebih banyak pengalaman. Strategi ini harus memanfaatkan kekuatan maksimal. Setiap usaha yang dikeluarkan harus diarahkan pada pencapaian tujuan sebagaimana mestinyha.

2) Kelemahan - Sama seperti setiap perusahaan memiliki kekuatan, setiap perusahaan juga memiliki kelemahan. Sebuah strategi pemasaran yang sukses perlu mengambil kelemahan ini untuk diperhitungkan dan membantu orang mengatasinya. Sebuah strategi pemasaran yang sukses harus realistis tentang kelemahan dalam rangka untuk benar-benar berjalan dengan efektif.

strategi pemasaran yang sukses sering merubah potensi kelemahannya menjadi kekuatan. Apa pun mungkin dengan manipulasi yang tepat kekuatan perusahaan. Dengan memperhitungkan potensi kelemahan, perusahaan akan dapat menemukan cara untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki bagi mereka. Mereka benar-benar bisa memperbaiki kelemahan-kelemahan dan memastikan bahwa mereka tidak akan mengalami kerugian bagi perusahaan.

3) Peluang - strategi pemasaran yang sukses selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan yang tersedia untuk kemajuan perusahaannya. Dengan mempertimbangkan peluang usaha dan bisnis yang ada, perusahaan akan mencari berbagai batu loncatan yang dapat digunakan untuk mencapai keberhasilan. Berbagai kesempatan selalu tersedia di pasar.

Namun, peluang tersebut sering tidak terlihat jelas dan perlu mata yang tajam dan rasa yang baik untuk mengambil keuntungan dari mereka. Dalam memanfaatkan peluang, bagaimanapun perusahaan harus tidak melupakan tujuan utama yang dilaluinya sehingga dapat mengukur keberhasilan.

4) Ancaman - Karena pasar memiliki peluang bagi setiap perusahaan, juga harus diperhatikan bahwa itu setiap usaha dan bisnis pastinya selalu memiliki ancaman. Orang harus menyadari setiap potensi bahkan yang bisa membawa perusahaan untuk bertekuk lutut.

strategi pemasaran yang sukses selalu termasuk metode keluar dari ancaman dan beradaptasi dengan sedemikian rupa sehingga mereka akan bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran yang paling sukses, pada kenyataannya benar-benar telah mampu mengubah ancaman menjadi peluang. Ambil contoh BMW misalnya: ketika dihadapkan dengan ancaman yang dilarang untuk memproduksi pesawat, mereka dengan cerdas mengembangkan perusahaan mobil yang dibutuhkan untuk mobil manufaktur. Itu cara yang bagus untuk mengubah ancaman menjadi peluang.

Baca juga : Pengertian Supermarket, Jenis Pasar Swalayan, Minimarket, Midmarket, Hypermarket

5) Implementasi - Sebuah strategi pemasaran perlu diterapkan agar sukses. Implementasi adalah ujian akhir dari seberapa strategi pemasaran itu terimplementasikan secara tepat. Strategi Ini bisa menjadi pintar, bisa sederhana, bisa licik, dan itu bisa menjadi jelas. Strategi pemasaran yang sukses selalu dilakukan pengimplementasian sehingga perusahaan dapat menerapakan strategi pemasaran yang dimilikinya. Tanpa implementasi ini sebagai ujian terakhir, strategi pemasaran hanyalah strategi pemasaran dan tidak bisa diterapkan. Sukses ditentukan oleh penggunaan, bukan oleh desain.

Berikut adalah lima kunci strategi pemasaran yang sukses. Menerapkan Strategi pemasaran ini penting karena tanpa strategi pemasaran yang efisien dan efektif tentunya perusahaan tidak mampu untuk bersaing dalam persaingan yang semakin ketat juga, lima faktor inilah dapat membantu Anda untuk mencapai keberhasilan suatu hari nanti.

0 Response to "Kunci Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Yang Sukses"

Posting Komentar