Pengertian Dan Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Pengertian Kinerja Karyawan

Pengertian Kinerja Karyawan

Kinerja menurut Sulistiyani (2003 : 223) merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha, dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya. Sedangkan menurut Bernandin dan Russel dalam Sulistiyani (2003 : 223) menyatakan bahwa kinerja merupakan catatan outcome yang dihasilkan dari fungsi pegawai tertentu atau kegiatan yang dilakukan selama periode waktu tertentu.
Dalam rangka pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan, organisasi disusun dalam unit-unit yang lebih kecil, dengan pembagian kerja, sistem kerja dan mekanisme kerja yang jelas. Sebagai ilustrasi, misi dan tugas pokok satu Departemen Pemerintahan dibagi habis kedalam tugas pokok bebeapa Direktorat Jenderal. Tugas pokok bebrapa Direktorat, kemudian beberapa seksi, dan tugas pokok setiap seksi dilakukan oleh beberapa orang pegawai. Setiap orang dalam satu unit kerja mempunyai sasaran dan uraian tugas tertentu, sebagai bagian dari sasaran unit kerja dimaksud.

Kinerja adalah hasil atau keluaran dari suatu proses (Nurlaila, 2010:71). Menurut pendekatan perilaku dalam manajemen, kinerja adalah kuantitas atau kualitas sesuatu yang dihasilkan atau jasa yang diberikan oleh seseorang yang melakukan pekerjaan (Luthans, 2005:165).

Kinerja merupakan prestasi kerja, yaitu perbandingan antara hasil kerja dengan standar yang ditetapkan (Dessler, 2000:41). Kinerja adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab yang diberikan (Mangkunagara, 2002:22).

Kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu telah disepakati bersama (Rivai dan Basri, 2005:50).

Sedangkan Mathis dan Jackson (2006:65) menyatakan bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pegawai. Manajemen kinerja adalah keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi, termasuk kinerja masing-masing individu dan kelompok kerja di perusahaan tersebut.

Dalam buku yang berjudul   :"Manajemen  Sumber Daya Manusia" (1995:327), menurut Henry Simamora kinerja karyawan adalah tingkat terhadap mana para karyawan mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan.

Artikel ini juga membahas tentang :
Penilaian Kinerja Karyawan
Yang dimaksud dengan sistem penilaian kinerja ialah proses yang mengukur kinerja karyawan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penilaian kinerja karyawan adalah :
  1. karakteristik situasi,
  2. deskripsi   pekerjaan,   spesifikasi   pekerjaan   dan   standar   kinerja pekerjaan,
  3. tujuan-tujuan penilaian kinerja,
  4. sikap para karyawan dan manajer terhadap evaluasi
a.    Tujuan Penilaian Kinerja
Tujuan diadakannya penilaian kinerja bagi para karyawan dapat kita ketahui dibagi menjadi dua, yaitu :

1)    Tujuan evaluasi
Seorang manajer menilai kinerja dari masalalu seorang karyawan dengan menggunakan ratings deskriptif untuk menilai kinerja dan dengan data tersebut berguna dalam keputusan-keputusan promosi. demosi, terminasi dan kompensasi.

2)    Tujuan pengembangan
Seorang  manajer  mencoba   untuk   meningkatkan  kinerja   seorang karyawan dimasa yang akan datang.
Sedangkan  tujuan  pokok dari  si stem  penilaian  kinerja  karyawan adalah: sesuatu yang menghasilkan informasi yang akurat dan valid berkenaan   dengan   prilaku   dan   kinerja   anggota   organisasi   atau perusahaan.

b.    Manfaat penilaian kinerja karyawan
Pada umumnya orang-orang yang berkecimpung dalam manajemen sumber daya manusia sependapat bahwa penilaian ini merupakan bagian penting dari seluruh proses kekaryaan karyawan yang bersangkutan. Hal ini penting juga bagi perusahaan dimana karyawan tersebut bekerja. Bagi karyawan, penilaian tersebut berperan sebagai umpan balik tentang berbagai hal seperti kemampuan, kelebihan, kekurangan, dan potensi yang pada gilirannya bermanfaat untuk menentukan tujuan, jalur, rencana dan pengembangan karir.
Dan bagi organisasi atau perusahaan sendiri, hasil penilaian tersebut sangat penting artinya dan peranannya dalam pengambilan keputusan tentang berbagai hal, seperti identifikasi kebutuhan program pendidikan dan pelatihan, rekruitment, seleksi, program pengenalan, penempatan, promosi, sistem imbalan dan berbagai aspek lain dari proses dari manajemen sumber daya manusia secara efektif.

Pengukuran Kinerja karyawan
Secara teoretikal berbagai metode dan teknik mempunyai sasaran yang sama, yaitu menilai prestasi kerja para karyawan secara obyektif untuk suatu kurun waktu tertentu dimasa lalu yang hasilnya bermanfaat bagi organisasi atau perusahaan, seperti untuk kepentingan mutasi pegawai maupun bagi pegawai yang bersangkutan sendiri dalam rangka pengembangan karirnya. Untuk mencapai kedua sasaran tersebut maka digunakanlah berbagai metode pengukuran kinerja karyawan menurut Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan dalam bukunya "Manajemen Personalia" (1984:122-127) yang dewasa ini dikenal dan digunakan adalah :
1.    Rangking, adalah dengan cara membandingkan karyawan yang satu dengan karyawan yang lain untuk menentukan siapa yang lebih baik.
2.    Perbandingan karyawan dengan karyawan, adalah  suatu cara untuk memisahkan penilaian seseorang ke dalam berbagai faktor.
3.    Grading, adalah suatu cara pengukuran kinerja karyawan dari tiap
karyawan yang kemudian diperbandingkan dengna definisi masing-
masing kategori untuk dimasukkan kedalam salah satu kategori yang telah ditentukan.
4.    Skala gratis, adalah metode yang menilai baik tidaknya pekerjaan
seorang karyavvan berdasarkan faktor-faktor yang dianggap penting bagi pelaksanaan pekerjaan tersebut. Masing-masing faktor tersebut. seperti misalnya kualitas dan kuantitas kerja, keterampilan kerja, tanggung jawab kerja, kerja sama dan sebagainya.
5.    Checklists, adalah metode penilaian yang bukan sebagai penilai
karyawan tetapi hanya sekedar melaporkan tingkah laku karyawan.

Tujuan Pengukuran Kinerja Karyawan
Menurut Joseph Tiffin yang dikutip oleh Henry Simamora dalam buku "Manajemen Sumber Daya Manusia" (1995:344-345), tujuan mengevaluasi kinerja karyawan dapat dikategorikan atas dua tujuan pokok, yaitu:

1.    Untuk tujuan administrasi pengambilan keputusan  promosi dan mutasi, misalnya:
  • Sebagai dasar pengambilan keputusan promosi dan mutasi.
  • Untuk menentukan jenis-jenis latihan kerja yang diperlukan.
  • Sebagai kriteria seleksi dan penempatan karyawan.
  • Sebagai dasar penilaian program latihan dan efektivitas jadwal kerja, metode kerja, struktur   organisasi, sistem pengawasan, kondisi kerja dan peralatan.
  • Sebagai metode pembayaran gaji dan upah.

2.    Tujuan individual employee development, yang meliputi:
  • Sebagai alat ukur mengidentifikasi kelemahan-kelemahan personal dan dengan demikian bisa sebagai bahan pertimbangan agar bisa diikutsertakan dalam program latihan kerja tambahan.
  • Sebagai alat untuk memperbaiki atau mengembangkan kecakapan kerja yang baik.
  • Sebagai alat untuk meningkatkan motivasi kerja Karyawan sehingga dapat tercapai tujuan untuk mendapatkan performance kerja yang baik.
  • Sebagai alat untuk mendorong atau membiasakan para atasan untuk mengobservasikan  perilaku  dari  bawahannya  supaya diketahui minat dan kebutuhan-kebutuhan bawahannya.
  • Sebagai  alat  untuk bisa melihat kekurangan  atau kelemahan-
  • kelemahan   dimasa   lampau   dan   meningkatkan kemampuan-kemampuan karyawan selanjutnya
Baca juga :  Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Berikut beberapa cara meningkatkan kinerja karyawan

1. Memberikan dukungan atau dorongan kepada karyawan untuk berkembang
  • Memberi kesempatan kepada karyawan untuk melakukan pekerjaan yang berbeda
  • Mengembangkan potensi diri
  • Tumbuh dan berkembang.
  • Memberi motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai pekerjaan

2. Membuat standart kerja yang jelas
  • Memudahkan mengontrol kinerja atau performance karyawan
  • Dengan adanya standart yang jelas, karyawan akan berusaha mencapai standart tersebut dengan cara memperbaiki performance atau kinerja
3. Menetapkan area tanggung jawab dalam bekerja
  • Adanya tanggung jawab yang tinggi, memotivasi karyawan untuk meningkatkan performance agar tanggung jawabnya terselesaikan dengan baik
4. Mendorong karyawan untuk dapat mencapai standart kerja atau Performance yang baik
  • Menjadikan karyawan sebagai partner
  • Menghargai pendapat mereka atau mengajak mereka berkomunikasi
5. Membuat dokumen kesepakatan dengan karyawan
  • Dokumen berisi kesepakatan untuk mencapai standart
  • Digunakan untuk kontrol kinerja karyawan
6. Menentukan rangkaian atau urutan kegiatan
  • Menjadikan situasi kerja lebih sistematis
  • Karyawan tidak tumpang tindih dalam melakukan pekerjaan
7. Mengawasi dan mengikuti karyawan dalam melakukan pekerjaan
  • Mengetahui kebutuhan karyawan untuk mencapai standart
  • Menunjukkan kepedulian kepada karyawan sehingga mereka termotivasi untuk mencapai kesuksesan
8. Memperjelas tentang pemberian reward atau penghargaan
  • Mendorong karyawan untuk berperilaku lebih baik dan positif
  • Reward adalah faktor pendorong meningkatnya performance

    0 Response to "Pengertian Dan Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan"

    Posting Komentar